Cari Blog Ini

media inspirasi

Selasa, 29 Juni 2010

Pemuda Pipitan Awasi Pilkades


WALANTAKA -
Selasa, 05-Juni-2007, 06:34:59


Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Pipitan (IPP) dan Forum Ukhuwah Pemuda Pipitan (FUPP) akan terus mengawasi proses pemilihan kepala desa (pilkades) di daerahnya.
“Pengawasan ini agar setiap proses yang dilalui sesuai aturan yang berlaku. Hal ini juga untuk mengajarkan warga supaya tetap kritis meskipun hanya pemilihan kepala desa,” ujar Aang Kunaepi, Ketua FUPP kepada Radar Banten, Senin (4/6).
Menurut dia, sudah saatnya warga diberikan pencerahan tentang demokrasi dan bersikap kritis terhadap setiap keputusan, baik kepala desa maupun camat. “Kami ingin mengajarkan kepada warga agar tidak takut mengungkapkan sebuah fakta meski risikonya harus berhadapan dengan pejabat. Selama itu benar dan ada buktinya, akan kita ekspos ke masyarakat,” ungkap Aang.
Hal senada dikatakan Ketua Ikatan Pemuda Pipitan Dedi Kusnadi. Menurutnya, sejak awal pembentukan panitia pilkades, sejumlah pemuda melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, pemuda, dan sejumlah ketua RT/RW untuk membicarakan pelaksanaan pilkades agar berjalan sesuai aturan. “Pada dasarnya warga setuju dengan pemikiran kami, hanya rasa takut masih sering menghantui mereka sehingga lebih banyak diam daripada berbicara,” ujarnya.
Sebelumnya, Ikatan Pemuda Pipitan (IPP) dan Forum Ukhuwah Pemuda Pipitan (FUPP) menolak Panita Pilkades Pipitan dijabat oleh pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pipitan, yang pada akhirnya oleh Pemkab Serang panitia itu dibatalkan karena bertentangan dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, Pemberhentian Kades.
Alasan pengurus BPD menjadi panitia pilkades yang dilantik pada yang dilantik pada 20 Mei 2007 karena masa kepengurusan BPD akan berakhir pada 31 Mei 2007. (kar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my friend to knpi

my friend to knpi